Morning Notes

News Letter

PENDIDIKAN REVOLUSI HATI

Bagian - 1

1. AKAR DARI SEGALA PERSOALAN HIDUP MANUSIA
Di tengah persoalan dan krisis bangsa saat ini, kitaperlumenyadaribahwa akar dari segala masalah hidup manusia mulai dari persaingan, perpecahan, konflik, tindak kekerasan, perang, korupsi, dlsb berasal dari kondisi hati manusia. Manusia menjadi semakin egois, hedonis, materialis, konsumeris, dan anarkis adalah karena hati manusia yang semakin dipenuhi dengan keinginan duniawi, ketakutan, keserakahan, hawa nafsu dan kedagingan.
2. HATI YANG BERSIH DAN HATI YANG KOTOR
Hati yang bersih adalah hati yang penuh dengan ketulusan, kejujuran, kasih, kebenaran dan kebaikan senantiasa memancarkan cahaya kehidupan dan memberkati sekitarnya. Hati yang kotor adalah hati yang penuh dengan iri, benci, dengki, cemburu, amarah, dendam, kecewa, luka dan kepahitan. Sumber dari keadaan hati yang kotor adalah ketakutan. Hati yang kotor jika tidak segera diobati akan segera mendatangkan banyak malapetaka di sekitarnya.
3. KEMBALI PADA TUJUAN PENDIDIKAN
Tujuan pendidikan adalah pembangunan manusia yang seutuhnya yang tidak mungkin hanya dicapai melalui pembelajaran pada tataran kognitif saja. Pembelajaran pada tataran afektif juga sangat penting agar seseorang dimampukan untuk dapat berefleksi diri, mawas diri, mendengar nurani terdalamnya, membangun kesadaran, dan memaknai setiap pengalaman hidupnya.
4. PENDIDIKAN REVOLUSI HATI (PRH)
PRH adalah model pembelajaran yang tidak hanya menekankan wilayah kognitif pemelajar saja melainkan melatih wilayah afeksi pemelajar guna dapat menimbang setiap pikiran, perkataan dan perilaku dalam kehidupan pribadi maupun bermasyarakat. Semua mata pelajaran, lesson plan dan pelaksanaan pembelajaran harus diimbangi dengan aspek bathiniah dalam membuat keputusan moral setiap harinya.
5. MENDIDIK DENGAN HATI
Mendidik dengan disiplin dan keras memang perlu tetapi hanya akan mencetak generasi yang timpang di hari depan para pemelajar yang hanya akan melakukan kerja keras berdasarkan mekanisme kerja kognisi tanpa pertimbangan hati nurani. Remaja usia 15 – 19 tahun sudah dapat merekam, menimbang, menilai, memahami dan memaknai setiap perilaku dan tutur kata gurunya yang akan memberikan dampak bagi hari depan mereka.

“SELAMAT MENGAJAR DENGAN HATI YANG PENUH KASIH”

 

Jubilee School

Jl. Sunter Jaya 1 No. 1, Sunter Agung, Jakarta Utara 14350

ph. +6221-65300300, Fax. +6221-65300800

Joomla templates by Joomlashine