Morning Notes

News Letter

Kampanye Imunisasi Virus MR di Sekolah Jubilee

Jakarta—Orang  tua dari siswa-siswa Early Chilhood Program (TK Jubilee),   SD Jubilee, FE-Primary,SMP Jubilee, dan  FE-Secondary Grades 7-9 berkumpul di Hall Sekolah Jubilee untuk menghadiri pengarahan tentang “Kebijakan Pelaksanaan Kampanye dan Introduksi Imunisasi MR (Measles Rubella) pada tanggal 11 Agustus 2017.

Pada tanggal 14-15 Agustus 2017, dilaksanakan pelaksanaan imunisasi MR di Klinik Sekolah Jubilee. Turut hadir pada kesempatan tersebut  dr AtikKepala Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok, dr Yovita SetiadiPuskesmas Tanjung Priok, dr Sri Susilawati – Kepala Puskesmas Sunter Agung, Ms Marcella Jonazh – Principal ECP Jubilee, Ms Jeanny Cahyana – Principal SD Jubilee, Ms Shantiaswary Prihandini – Principal FE-Primary Jubilee, dan Mr M. Cholid Reza – Principal SMP Jubilee .

Kepala Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok dr Atika, menjelaskan Imunisasi Measles Rubella untuk mencegah penyakit Campak dan Rubella merupakan program Kemenkes yang akan dilaksanakan bulan Agustus dan September 2017.  “Tidak ada pengobatan untuk penyakit Campak dan Rubella, tetapi penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit Campak dan Rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus,” kata dr Atika.

Sementara dr Yovita Setiadi mengatakan campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru pneumonia, radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian. Gejalanya demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit disertai dengan batuk, pilek dan mata merah (konjungtivitis). Dan Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trisemester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Gejala penyakit Rubella tidak spesifik bahkan bisa tanpa gejala. Gejala umum berupa demam ringan, pusing, pilek, mata merah dan nyeri dan persendian. Mirip gejala flu. Gejala Rubella dimulai dengan demam ringan, anak terlihat sakit ringan yang diikuti dengan munculnya ruam kemerahan yang dimulai dari wajah dan meluas ke seluruh tubuh.

“Vaksin MR aman, kalau ada pendapat yang miring itu tidak benar. Merupakan kombinasi vaksin campak/Measles & Rubella untuk perlindungan terhadap penyakit Campak dan Rubella. Vaksin yang digunakan telah mendapat rekomendasi dari World Health Organization (WHO) dan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Vaksin MR 100 persen efektif untuk mencegah penyakit Campak dan Rubella.Vaksin ini aman dan telah digunakan pada lebih dari 141 negara di dunia. Imunisasi MR diberikan untuk semua anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun. Juga telah mendapat sertifikat halal dari MUI,” terang dr Yovita.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab antara orang tua siswa-siswa dengan dr Atika dan dr Yovita. Beberapa orang tua yang masih ragu melakukan imunisasi MR menanyakannya dan dijawab dengan lugas oleh dr Atika dan dr Yovita. (Ab/JMC)

 

Jubilee School

Jl. Sunter Jaya 1 No. 1, Sunter Agung, Jakarta Utara 14350

ph. +6221-65300300, Fax. +6221-65300800

Joomla templates by Joomlashine